Jika Tampilan Berantakan Silahkan Buka Menggunakan / If the Display is Irregular, Please Open Using Google Chrome

Sekilas Tentang Pencak Silat

Pencak Silat adalah Seni Bela Diri Tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni Bela Diri ini di kenal secara luas dan mendunia.
Source Gambar Wikipedia Indonesia

Pencak Silat.

Pencak Silat adalah Seni Bela Diri Tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni Bela Diri ini di kenal secara luas dan mendunia diantara nya di Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina Selatan dan bahkan di negara Thailand bagian selatan, sesuai dengan penyebaran suku bangsa nusantara (Indonesia).


Sedikit Sejarah Pencak Silat.

Tentang Pencak Silat sebagai warisan nenek moyang indonesia adalah benar adanya. nenek moyang bangsa indonesia pada zaman dahulu sudah memiliki cara pembelaan diri yang di tunjukan untuk mempertahankan dan melindungi diri sendiri ataupun kelompoknya.

Tantangan alam adalah pemicu nenek moyang kita dalam menciptakan seni bela diri ini, dengan insprirasi dari alam juga, yaitu dengan menirukan gerakan hewan yang hidup dialam sekitar.

Kera, harimau, ular atau bahkan burung elang merupan beberapa hewan yang menginspirasi nenek moyang kita dalam membuat gerakan seni bela diri ini. Kemudian semakin berkembang sampai hari ini.


Manfaat Pencak Silat.

Ada banyak manfaat yang kita dapatkan dari pencak silat, baik itu untuk jasmani ataupun rohani kita.

Berikut ini adalah manfaat dari pencak silat :
  1. Kesahatan dan kebugaran jasmani.
  2. Meningkatkan rasa percaya diri.
  3. Melatih mental.
  4. Meningkatkan kewaspadaan diri.
  5. Meningkatkan kedisiplinan.
Dengan berlatih pencak silat, selain 5 hal di atas yang kita dapatkan, tentunya masih banyak manfaat yang kita dapatkan yang tidak bisa kami tuliskan semuanya.

Di zaman yang semakin modern kini dunia silat juga semakin berkembang salah satunya pertandingan pencak silat yang ada di indonesia.

Pertandingan Pencak Silat Indonesia dilakukan berdasarkan rasa persaudaraan dan jiwa kesatria dengan menggunakan unsur seni, bela diri dan olahraga dan tentunya menjunjung tinggi PRASETYA PESILAT INDOENSIA.

Kategori Pertandingan Pencak Silat.

  • Kategori Tanding.
  • Kategori Jurus.
dalam kategori jurus dibagi menjadi beberapa bagian :
  1. Jurus Tunggal.
  2. Jurus Ganda.
  3. Jurus Regu.
  4. Solo Kreatif.

Pengertian Kategori :

Kategori Tanding :
Menampilkan 2 orang pesilat dari sudut yang berbeda. Keduanya saling berhadapan menggunakan unsur pembelaam dan serangan:
  • Menangkis
  • Mengena
  • Mengelak
  • Menyerang
Dengan tujuan menjantuhkan lawan menggunakan teknik dan taktik dalam suatu pertandingan, dengan memanfaatkan kekayaan teknik dan jurus serta stamina dan semangat juang.

Kategori Jurus Tunggal :
Menampilkan kemahiran seorang pesilat dalam jurus tunggal baku secara benar tepat dan penuh penjiwaan, baik tunggal tangan kosong dan bersenjata serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk kategori tunggal.

Kategori Jurus Ganda :

Menampilkan 2 orang pesilat dari tim yang sama, memperagakan kemahiran dan kekayaan teknik jurus serang bela yang dimiliki. Gerakan serang bela ditampilkan secara terencana, efektifm estetis, dan logis dalam sejumlah rangkaian seri yang teratur. baik bertenaga dan cepat mauun dalam gerakan lambat penuh penjiwaan yang dimulai dari tangan kosong dan dilanjutkan dengan bersenhata serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Kategori Jurus Regu :

Menampilkan 3 orang pesilat dari tim yang sama dan memperagakan kemahiran dalam jurus regu baku secara benar, tepat penuh penjiwaan dan kompak. dengan tangan kosong serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk kategori regu.

Kategori Jurus Solo Kreatif :

Menampilkan jurus pencak silat dengan koreografi berdurasi 1 sampai 3 menit dan disertai senjata nusantara. Senjata yang digunakan boleh beradu, menimbulkan bunyi dan percikan. Namun bilahnya harus tumpul, runcing tidak tajam dan sesuai dengan ukurannya dan iringan musik live atau audio.

Dan pada artikel sebelumnya kami juga sudah membahas beberapa peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh PBIPSI, langsung menuju Peraturan Pertandingan yang Dirilis Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia.

Demikian artikel kali ini, akan ada banyak hal hal menarik di artikel artikel berikutnya.
Memiliki Keingintahuan Yang Tinggi. Pantang Menyerah Sebelum Bisa. Ingin Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.