Jika Tampilan Berantakan Silahkan Buka Menggunakan / If the Display is Irregular, Please Open Using Google Chrome

Samsung Galaxy A14 LTE

Samsung Galaxy A14 LTE. Smartphone entry level samsung yang bisa kamu pertimbangkan untuk membeli device smartphone di tahun 2023

Samsung Galaxy A14 LTE

Galaxy A14 adalah model entry-level Samsung dari seri A. Perangkat ini tersedia dalam versi 5G dan 4G, dengan smartphone yang berbeda tidak hanya dalam hal teknologi komunikasi tetapi juga prosesornya. Kami melihat lebih dekat pada smartphone 4G.

 

Selain device kelas atas seperti Galaxy S23 Ultra atau device flip baru seperti Galaxy Z Fold 5 dan Flip 5, Samsung juga menawarkan smartphone yang lebih sederhana dan terjangkau. Di antaranya, Galaxy A14 mewakili entri seri A yang terjangkau.

 

Smartphone ini menawarkan layar sentuh 6,6 inci. Sedangkan Samsung menggunakan layar LCD, refresh rate-nya hanya 60 Hz. Research kami menunjukkan bahwa kecerahan maksimum hanya 453 nits, ini merupakan kecerahan yang bisa dikatakan cukup, dan keterbacaan di bawah sinar matahari bisa lebih baik.

 

Area positifnya adalah performa kamera device ini, dan setidaknya gambar yang diambil dengan kamera utama 50 MP cukup meyakinkan. Di sisi lain, lensa ultra wide dan makro hanya menghasilkan gambar yang dapat digunakan dalam kondisi cahaya yang sangat baik. Kualitas videonya agak buruk. Galaxy A14 LTE merekam video maksimal 1080p dan 30 FPS.

 

Performa prosesor Mediatek Helio G80 yang digunakan di sini juga sama buruknya. Meskipun menawarkan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan chip Exynos pada pendahulunya A13, chip ini sudah mencapai batas kemampuannya dalam tugas sehari-hari, dan bahkan mungkin ada beberapa gangguan saat mengetik.

 

Keputusan mengenai penyimpanannya beragam. Di satu sisi, jumlah ruang penyimpanan internalnya kecil, hanya 64 GB, dan berdasarkan research kami, penyimpanannya juga sangat lambat. Di sisi lain, penyimpanan Galaxy A14 LTE dapat diperluas hingga 1 TB dengan menggunakan kartu microSD, dan di sini kecepatan transfernya bagus.

 

Poin positif lainnya adalah Samsung terus membekali Galaxy A14 dengan port audio dan NFC. Sayangnya, seperti pada device samsung lainnya, pengisi daya juga tidak disertakan dalam kotaknya.

 

Meskipun Samsung Galaxy A14 LTE bukanlah smartphone yang buruk, namun tidak cocok untuk semua pengguna. Mereka yang menghargai kinerja mulus dan UI bebas gangguan harus mencari device lain.

Namun sebagai smartphone terjangkau dengan penyimpanan yang dapat diperluas, kamera yang dapat digunakan, dan dukungan pembaruan yang lama (2 tahun pembaruan OS dan 4 tahun patch keamanan), Galaxy A14 seharusnya tetap dapat memenuhi kebutuhan kalian.


Memiliki Keingintahuan Yang Tinggi. Pantang Menyerah Sebelum Bisa. Ingin Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.