Jika Tampilan Berantakan Silahkan Buka Menggunakan / If the Display is Irregular, Please Open Using Google Chrome

PageSpeed Insights atau GTmatrix, Lebih Baik Mana ?

PageSpeed Insights atau GTmatrix, Lebih Baik Mana ? Bagi seorang penulis dan pengelola website pasti sudah tidak asing dengan yang satu ini.
Bagi seorang penulis dan pengelola website pasti sudah tidak asing dengan yang satu ini. PageSpeed Insights dan GTmetrix.

Apa itu PageSpeed Insights ?

PageSpeed Instights adalah suatu website atau situs yang dikembangkan oleh google. Webiste ini adalah situs untuk mengecek kecepatan suatu website. Mengetahui kekurangan kekurangan yang ada di website kita tentu nya. 

Karena setiap developer wordprees ataupun blogspot menggunakan PageSpeed Insights ini untuk mengecek kecepatan loading di situs mereka.

PageSpeed Insights
PageSpeed Insights (https://pagespeed.web.dev/)

Namun tidak hanya pengguna Wordpees dan Blogspot saja yang menggunakan PageSpeed. Banyak developer website lainnya menggunakan nya untuk mengecek kecepatan situs yang ia buat.

Apa yang dapat kita lihat di PageSpeed Insights ?

Hasil Analisis
Hasil Analisis PageSpeed

Dapat dilihat pada gambar diatas, hasil analisis PageSpeed terhadap blog XIDNA.

Tampilan Mobile

Pada tampilan mobile analisis kita mendapatkan beberapa hasil :
Skor SEO.
Skor Accessibility.
Skor Best Pratices.
Skor Performance.

Secara garis besar, kita harus banyak memperbaiki di bagian performance dari blog ini. dengan hasil skor 80, ada banyak yang mestinya diperbaiki.

Pada halaman yang sama, silahkan kalian scorll kebawah maka kalian akan mendapatkan beberapa hal yang harus di perbaiki.

Kekurangan Yang Mempengaruhi Performance
Kekurangan Yang Mempengaruhi Performance


Tampilan Desktop

Hasil Analisis Tampilan Desktop
Hasil Analisis Tampilan Desktop

Pada tampilan desktop untuk sementara ini skor menunjukan hasil yang cukup bagus, kalian dapat memperbaiki nya agar menjadi lebih baik. Bisa juga kalian tidak perlu menghiraukan nya.

Namun pada dasar nya hasil analisis setiap saat dapat berubah, oleh karena itu kalian harus lebih sering mengkontrol dan memperbaikinya secara berkala.


Apa Itu GTmatrix ?


Pada dasarnya GTmatrix sama hal nya dengan PageSpeed. Website yang di develope oleh Carbon60 merupakan salah satu website yang digunakan untuk mengecek kecepatan website kita.

Namun tetap ada perbedaan dari PageSpeed Insights diantara nya :
Tampilan.
Kecepatan.
Hasil.
dan masih banyak yang lainnya.

Hasil Analisis GTmatrix
Hasil Analisis GTmatrix

Gambar diatas merupakan hasil analisis GTmatrix terhadap XIDNA. Infromasi yang ditampilkan lebih sedikit jika dibandingan dengan PageSpeed.

Akan tetapi informasi yang ada di PageSpeed tetap ada di GTmetrix hanya tampilan dan peletakan nya yang berbeda.

Tab Summary

Tab Performance


Tab Struktur



Tab Waterfall



Kesimpulan

Pada dasarnya hasil analisis dari kedua website tersebut sedikit banyak nya sama. akan tetapi kenyamanan penggunalah yang diutamakan.

Ketika ditanya lebih baik menggunakan mana ? maka jawabanya adalah menggunakan PageSpeed Insghts.

Hal ini disebabkan karena PageSpeed Insights di develope oleh Google, dan Search Engine yang paling banyak digunakan adalah google. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemungkinan besar PageSpeed Insights menjadi salah satu tolak ukur algoritma search engine google untuk mendapatkan data artikel dan lainnya. jadi istilah gampangnya, semakin baik nilai yang di dapatkan di pagespeed maka akan semakin besar kemungkinan artikel kita di rekomendasikan oleh robot google.

Penutup

Demikan artikel PageSpeed Insights atau GTmatrix, Lebih Baik Mana ?, jika kalian merasa bermanfaat silahkan bagikan kepada teman yang membutuhkan, jika suka dengan artikel kami, jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs ini. Sampai Jumpa di Artikel Lainnya.
Memiliki Keingintahuan Yang Tinggi. Pantang Menyerah Sebelum Bisa. Ingin Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.